Tips Trading Saham Online

Trading saham adalah salah satu langkah yang dilakukan untuk investasi saham. Jual beli juga terkadang dinamakan sebagai bermain saham, nabung saham, nanam saham, atau bahkan bisnis saham. Dalam melakukan bisnis ini tentu saja tidak bisa sembarangan. Kita semua ingin mendapatkan untung karena itulah tujuan utama.

Maka dari itu, di bawah ini kami akan menjelaskan seputar langkah-langkah trading saham online yang bisa kamu terapkan.

Membuat rekening saham

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun atau rekening saham. Kamu harus membuat akun saham pada salah satu perusahaan sekuritas atau yang terkadang disebut juga sebagai pialang saham maupun perusahaan broker saham. Intinya, kalau kamu ingin membuka rekening tabungan, maka pergilah ke bank. Tapi kalau ingin membuka rekening saham, maka datanglah ke broker saham.

Untuk perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia sebenarnya lumayan banyak. Ada BUMN, Mandiri Sekuritas (CC), BNI Sekuritas (NI), Danareksa Sekuritas (OD), Bahana Sekuritas (DX), dan masih banyak yang lainnya. Sementara untuk pembuatan rekeningnya dapat kamu lakukan secara online atau offline.

Beberapa perusahaan sekuritas sekarang sudah menawarkan pembukuan awal sebesar 5 juta. Untuk seputar cara pembuatannya baik offline atau online, kamu bisa bertanya pada dimana tempat kamu membuat akun saham tersebut.

Setor dana ke rekening saham

Setor dana ke rekening saham

Setelah kamu berhasil membuat akun, maka sekarang kamu sudah bisa dipanggil sebagai investor yang masuk ke dalam daftar JATS. Tapi tidak sampai di sini, kamu sekarang harus menyetor dana ke RDN atau Rekening Dana Nasabah. Kamu bisa bertanya seputar nomor RDN pada perwakilan broker.

Mengenai jumlah dana yang harus kamu setorkan minimal 5 juta. Akan tetapi perlu kamu ingat bahwa angka minimum tersebut kemungkinan besar berubah, tergantung perusahaan pialang saham tersebut.

Memilih saham

Jika kamu sudah melakukan dua langkah di atas, maka langkah ketiga adalah dengan memilih mana saja saham yang akan kamu beli. Ingat, jangan langsung membeli saham melinkan kamu harus banyak memilih dan mempertimbangkannya terlebih dahulu. Dengan begitu, maka saham yang kamu beli tersebut nantinya akan menjadi saham pemenang yang akan memberikan banyak keuntungan.

Di dalam memilih saham, penting sekali melakukan analisa terhadap kondisi perusahaan. Pastikan perusahaan tersebut sehat, menjamin keuntungan, berkembang, dan dapat beroperasi secara terus-menerus. Selain itu, tentukan timing yang tepat dengan memperhatikan grafik saham.

Membeli saham

Aplikasi trading saham - Live trade

Jika kamu sudah selesai memilih dan mempertimbangkan saham yang akan kamu beli, maka langkah keempat adalah melakukan pembelian saham. Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan pembelian saham.

Membeli saham dari broker

Untuk membeli saham pada pialang saham atau broker, yang harus kamu lakukan adalah cukup memberikan perintah kepada broker tersebut bahwa kamu akan membeli sahamnya. Pembeliannya bisa dilakukan dengan cara, yaitu:

  • Langsung jika memang kamu sekarang berada di kantor broker
  • Melalui telepon maupun media komunikasi yang lainnya

Membeli secara online

Aplikasi trading saham - Order buy

Membeli saham juga bisa kamu lakukan secara online. Nanti kamu harus memasukkan atau mnginput data sendiri dengan menggunakan trading saham online system. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi bernama Jual Beli Saham. Cara seperti ini dikenal dengan istilah saham online trading. Perlu kamu tahu bahwa secara umum broker sudah memiliki jasa pembelian saham secara online. Dengan begitu, nasabah bisa dengan mudah ketika hendak membeli atau menjual sahamnya.

Menjual saham

Jual Saham Online - Sell Order - Cara memberli saham online trading

Cara belajar trading saham yang terakhir adalah masuk ke tahapan pembelian saham. Namun sebelum itu, kamu harus pandai dalam memantau pergerakan harga saham yang akan kamu beli. Jika ternyata harga sahamnya lebih tinggi dari harga beli, maka kamu bisa menjualnya. Dengan begitu kamu akan mendapatkan keuntungan.

Istilah seperti ini dikenal dengan Profit Taking atau Take Profit. Kamu bahkan bisa langsung menjual saham tersebut jika terbukti lebih tinggi dari harga belinya. Adapun untuk aktivitas terhadap pembelian dan penjualan saham pada hari yang sama dikenal dengan day trade atau day trading system.